Home TISIndonesia Angkasa Pura II Rilis Obligasi Buat Modal Kerja dan Bayar Hutang

Angkasa Pura II Rilis Obligasi Buat Modal Kerja dan Bayar Hutang

PT Angkasa Pura II atau AP II, menerbitkan obligasi senilai Rp2,25 triliun yang terbagi dalam empat seri, kata perusahaan hari ini - Photo: Privacy

JAKARTA (TheInsiderStories) – Pengelola 19 bandara di Indonesia, PT Angkasa Pura II atau AP II, menerbitkan obligasi senilai Rp2,25 triliun yang terbagi dalam empat seri, kata perusahaan hari ini. Sebagian besar dana dari penerbitan ini akan dipakai untuk belanja modal dan melunasi hutang perusahaan.

Berdasarkan prospektus di Bursa Efek Indonesia, perseroan menawarkan Seri A sebesar Rp32 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,80 persen per tahun dengan tenor tiga tahun. Lalu, Seri B berjumlah Rp 159 miliar memiliki tingkat bunga tetap 8,50 persen per tahun berjangka waktu lima tahun.

Kemudian, Seri C dari obligasi AP II senilai Rp 1,60 triliun berbunga 9,10 persen setiap tahunnya dengan tenor tujuh tahun dan Seri D sebesar Rp457 miliar dengan tingkat bunga tetap 9,25 persen per tahun berjangka waktu 10 tahun.

Obligasi ini ditargetkan akan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 14 Agustus mendatang. Sementara masa penawaran umum diprediksi pada periode 7 – 10 Agustus. Obligasi ini adalah bagian dari Obligasi Berkelanjutan I Angkasa Pura II Tahun 2018 dengan target dana yang dihimpun total mencapai Rp3 triliun.

Hingga saat ini, AP II telah menerbitkan obligasi sebanyak Rp 750 miliar. Operator bandara tesebut sudah mengantongi rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia. Adapun bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi yakni PT Bahana Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas.

Saat ini, kreditor perseroan adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (IDX: BBNI), dengan total saldo utang ini mencapai Rp394,98 miliar dengan bunga LPS+3,00 persen dan akan jatuh tempo pada 28 Mei 2021. Kemudian, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (IDX: BNII) senilai Rp163,58 miliar, dengan bunga JIBOR 3 bulan+2,61 persen dan jatuh tempo 3 Juni 2021. Dan, kepada PT Bank Mandiri Tbk (IDX: BMRI) dengan bunga LPS + 3,00 persen yang akan jatuh tempo 24 Juni 2023.

Angkasa Pura II adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara. Bandara yang dikelola diantaranya Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), dan Husein Sastranegara (Bandung).

Lainnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), dan dan Fatmawati Soekarno (Bengkulu).

Ditulis oleh Staf Editor, Email: theinsiderstories@gmail.com