PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (IDX: MCOR) merampungkan penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu senilai Rp3.19 triliun - Photo oleh Perusahaan

JAKARTA (TheInsiderStories) – Perusahaan sekuritas asal Singapura, UOB Kay Hian Pte.Ltd., menjadi pemilik baru bank lokal, PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (IDX: MCOR). Kemarin perusahaan milik Sinar Mas Grup ini mengumumkan telah menerbitkan 21,29 miliar saham baru senilai Rp3.19 triliun.

Dalam aksi korporasi ini, perseroan menetapkan harga pelaksanaan rights issue Rp150 per saham. Berdasarkan keterangan resmi ke Bursa Efek Indonesia, Rabu (22/7), UOB Kay Hian akan memiliki porsi 8,2 persen saham Bank CCB dan telah merogoh kocek Rp467 miliar untuk mengeksekusi pembelian saham tersebut.

Menurut Direktur Utama Bank CCB Indonesia, You Wennan, dalam keterangan resminya kemarin, China Constuction Bank Corp., (CCB) tetap mempertahankan posisinya sebagai pemegang saham mayoritas, memiliki sekitar 60 persen, setelah merampungkan aksi penambahan modal tersebut.

Pemegang saham lainnya adalah Jonny Wiratatmaja dan Kiki Hamidjaja masing-masing 9,35 persen dan 2,29 persen dan publik 20,16 persen. Sebelumnya, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (IDX: SMMA) menyatakan akan menjadi pembeli siaga dari penerbitan saham baru ini.

Namun, niat tersebut belakangan tidak terjadi. Lembaga keuangan milik Sinar Mas Grup ini, telah menjadi pemegang saham Bank CCB Indonesia sejak tahun lalu.

Dana dari rights issue akan digunakan untuk memperkuat struktur modal perusahaan. Bank tersebut berencana untuk meningkatkan statusnya ke level BUKU III dengan modal inti lebih dari Rp5 triliun melalui penerbitan saham baru. Saat ini modal inti perusahaan hanya Rp2,1 triliun.

Sebelum rights issue, Bank CCB Indonesia menerbitkan utang subordinasi senilai AS$50 juta (Rp725 miliar) untuk memperkuat modal perusahaan yang dibeli oleh CCB. Bank CCB Indonesia adalah hasil merger antara PT Bank Windu Kentjana International Tbk dan PT Bank Antardaerah pada 30 November 2016.

Hingga saat ini, bank tersebut telah memiliki 95 kantor yang tersebar di kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. , Denpasar Bali, Mataram Lombok, Palembang, Bandar Lampung, Batam, Pekanbaru, Pontianak, Makassar, dan Pangkal Pinang.

Ditulis oleh Staf Editor, Email: theinsiderstories@gmail.com