Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memperpanjang periode transisi untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar hingga 30 Juli - Photo oleh Kantor Gubernur DKI Jakarta

JAKARTA (TheInsiderStories) – Selamat Pagi! Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memperpanjang periode transisi untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar hingga 30 Juli. Sementara, gugus tugas untuk penanganan penyebaran COVID-19 melaporkan kasus positif yang dikonfirmasi melonjak menjadi 81.668 setelah ada tambahan 1.574 orang.

Jumlah tertinggi yang tercatat di Jakarta mencapai 312 kasus baru, Jawa Tengah 214 kasus baru, dan 80 Jawa Timur melaporkan 179 kasus baru. Hingga Jumat, COVID-19 telah menginfeksi 13,92 juta di seluruh dunia. Total 591.835 telah meninggal dan 8,26 juta

Penambahan kasus baru dengan cepat terjadi di banyak negara seperti di Amerika Serikat (AS), Brasil dan India. Sampai hari ini, AS telah memiliki 3,68 juta kasus yang dikonfirmasi, Brasil 2,01 juta kasus, India 1,00 juta kasus, dan Rusia 752,797 kasus.

Meliha perkembangan yang terjadi, Presiden Joko Widodo menyiapkan payung hukum yang bertujuan untuk memberikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan dalam bentuk instruksi presiden. Pemerintah melihat kepatuhan publik dengan protokol kesehatan di tengah pandemi sangat lemah.

Di Asia, data perdagangan Singapura akan dirilis pagi ini. Sebelumnya dilaporkan angka pertumbuhan ekonomi negeri tersebut lebih buruk dari perkiraan analis dan menunjukkan ekonomi negara itu memasuki resesi.

Terkait masalah Laut Cina Selatan, kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth akan bergabung dengan militer Amerika Serikat dan sekutu di wilayah bersengketa tersebut. Selain HMS Queen Elizabeth, kapal perang lainnya Prince of Wales juga akan ditempatkan di wilayah tersebut.

Sejak 1971, Inggris memang memiliki aliansi militer dengan Singapura, Malaysia, Australia, Selandia Baru. Sementara, dari AS, departemen tenaga kerja melaporkan jumlah klaim pengangguran awal di AS mencapai 1,3 juta untuk pekan yang berakhir 11 Juli.

Kemarin, Rupiah melemah 0,26 persen ke posisi Rp14.625 versus the Greenback dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 0,44 persen menjadi 5.098,37 dibandingkan hari sebelumnya. Menurut analis, keputusan Bank Indonesia memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin ke 4 persen menunjukkan perekonomian Indonesia mengalami kontraksi pada bulan April hingga Juni akibat pandemi.

Sentimen pemotongan suku bunga acuan berhasil mendorong dana asing kembali ke pasar modal. Kemarin, investor asing membukukan beli bersih Rp123,76 miliar (US $ 8,65 juta).

Berdasarkan berbagai data tersebut, Rupiah diperkirakan akan bergerak di kisaran 14.565 – 14.700 per Dolar AS dan IHSG antara 4.821 – 5.123 hari ini. Saham yang dapat dipertimbangkan hari ini adalah PT Astra International Tbk (IDX: ASII), PT Bank Central Asia Tbk (IDX: BBCA), Gedung PT Wijaya Karya Bangunan Tbk (IDX: WEGE), PT United Tractors Tbk (IDX: UNTR), dan PT Medco Energy International Tbk (IDX: MEDC).

Kemudian, PT Gudang Garam Tbk (IDX: GGRM), PT Astra Agro Lestari Tbk (IDX: AALI), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (IDX: INDF), London Sumatera Tbk ( IDX: LSIP), dan PT HM Sampoerna Tbk (IDX: HMSP).

Semoga Anda mendapatkan hari yang menguntungkan!

Ditulis oleh Linda Silaen dan Tim TIS Intelligence. Silakan Baca Wawasan Kami untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lanjut tentang Indonesia